FRIENDSHIP

FRIENDSHIP
pantai

Senin, 19 Oktober 2009

konsep dasar manajemen kesiswaan

sebelum kita mengetahui apa itu manajemen kesiswaan kita terlebih dahulu apa itu Manajemen.
  • Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,pengawasan,usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan SDO laiinya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan organisasi

Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :

1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel :

Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

2. Menurut R. Terry :

Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,

pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai

sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

3. Menurut James A.F. Stoner :

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi

lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.

4. Menurut Lawrence A. Appley :

Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :

Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan

pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

http://us.geocities.com/agus_lecturer/manajemen/pengertian_manajemen.htm sedangkan pengertian dari peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan pembelajaran yang tersedia pada jalur (formal, informal, non formal) dan jenis pendidikan ( umum, kejuruan, akademik, profesi,vokasi, keagamaan,khusus). selain itu dalam arti yang luas peserta didik dapat dikatakan sebagai orang yang terkait dalam proses pendidikansepanjang hayat. dalam proses manajemen peserta didik adanya perencanaan pemilihan dan penetapan tujuan. Dalam pemilihan dan penetapan tujuan kita mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan pengembangan, dengan kata lain kita memilih yang tempat, cara yang cocok untuk pengembangan peserta didik itu sendiri, selain itu juga kita menetapkan tujuan yang akan kita capai. penentuan dari Manajemen Peserta Didik antara lain :
  • strategi : maksud dari stategi ini ialah menentukan langkah dan cara apa yang tepat dalam pengembangan dan penerapan yang cocok untuk di kembangakan di sana. contohnya saja saat membangun sekolah terlebih dahulu melihat lingkungan dari sekolah tersebut apakan sekolah itu dapat di jangkau oleh kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. bagaimana lingkungan sekitarnya apakah kondusif untuk membangun sebuah sekolah umum di sana, itu langkah atau strategi yang kita lihat terlebih dahulu.
  • kebijakan: menentukan kebijaksanaan untuk kepentingan bersama misalnya di sekolah tersebut menerapkan masuk sekolah jam 06.30 yang telah di putuskan oleh pemerintah, apabila ada yang melanggar dari kebijakan tersebut akan mendapatkan hukuman.
  • program: dalam sekolah itu menentukan sistem pembelajaran dan program yang teratur dan rapih, dan memiliki program yang jelas dalam pelaksanaanya
  • prosedur: memiliki hak paten atas kepemilikan tanah dan mengikuti prosedur yang berlaku untuk pendirian sekolah.
  • metode: metode pembelajaran yang di gunakakan yaitu peserta didik menggunakan teknologi agar memudahkan pembelajaran mereka, selain itu juga metode pembelajaran yang dimana peserta didik di tuntut untuk meneliti.
  • sistem: perencanaan yang tepat akan membangun sistem yang baik.
  • anggaran: dana untuk pembangunan tersebut terhitung dengan tepat dan ada pula dana untuk keadaan yang tidak terduga
  • standar yang ditentukan: juga sangat mempengaruh apakah sekolah tersebut akan berstandar Internasional ataupun standar Nasional
pengorganisasian juga mempengaruhi Manajemen Peserta Didik, dalam hal ini yang harus di tentukan yaitu SDM dan juga kegiataan untuk mencapai tujuan, perancangan dan pengembangan suatu organisasi ataupun tim kerja, penugasaan tanggung jawab tertentu, pemberian kewenangan, hal tersebut mempengaruhi pengorganisasian dalam Manajemen.Pengarahan akan juga membantu untukmau bekerja berkelompok dengan bekerja kelompok akan menimbulkan kesolitan juga kekompakan. untuk membangun kekompakan tersebut harus adanya pemimpin dalam sebuah kelompok. kedisiplinan yang tinggi pun akan membangunkan semangat juga kegigihan untuk bekerja sama dan membangun perkembangan yang mengarahkan ke majuan. dalam kelompok pun juga memerlukan komunikasi yang berjalan dengan baik, jangan sampai komunikasi itu terputus, apabila terjadi akan terjadi percecokan ataupun keretakan dalam kelompok. motivasi di sini ada dua motivasi yang negatif ataupun motivasi positif. motivasi negatif adalah motivasi yang membuat seseorang untuk berfikir apa yang terjadi dalam dirinya lalu dengan sindiran ataupun ketakutan yang mereka belum bisa mereka rasakan, tetapi dapat mereka bayangkan. sedangakan motivasi yang positif yaitu motivasi yang membangun dengan memberikan semangat agar mengembangakan kreatifitas anak didik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar