Mata kuliah Manajemen Peseta Didik, menjelaskan apa itu perencanaan. Perencanaan dalam proses pembelajaran sangat penting dengan mengetahui apa itu perencanaan kita dapat dengan akurat dan tepat menyelesaikan setiap masalah, yang terjadi. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Perencanaan. Perencanaan menurut para ahli antara lain :
a. Prof. Dr. Yusuf Enoc
Perencanaan Pendidikan, adalah suatu proses yang yang mempersiapkan seperangkat alternative keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepadanpencapaian tujuan dengan usaha yang optimal dan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada di bidang ekonomi, sosial budaya serta menyeluruh suatu Negara.
b. Beeby, C.E.
Perencanaan Pendidikan adalah suatu usaha melihat ke masa depan ke masa depan dalam hal menentukan kebijaksanaan prioritas, dan biaya pendidikan yang mempertimbangkan kenyataan kegiatan yang ada dalam bidang ekonomi, social, dan politik untuk mengembangkan potensi system pendidikan nasioanal memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik yang dilayani oleh system tersebut.
c. Menurut Guruge (1972)
Perencanaan Pendidikan adalah proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan pendidikan.
d. Menurut Albert Waterson (Don Adam 1975)
Perencanaan Pendidikan adala investasi pendidikan yang dapat dijalankan oleh kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang di dasarkan atas pertimbangan ekonomi dan biaya serta keuntungan social.
e. Coombs (1982)
Perencanaan pendidikan suatu penerapan yang rasional dianalisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efisien dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakat
f. Y. Dror (1975)
Perencanaan Pendidikan adalah suatu proses mempersiapkan seperangkat keputusan untuk kegiatan-kegiatan di masa depan yang di arahkan untuk mencapai tujuan-tujuan dengan cara-cara optimal untuk pembangunan ekonomi dan social secara menyeluruh dari suatu Negara.
Menurut para ahli ini di kutip dari : http//renggani.blogspot.com
Pada saat pengambilan keputusan tentunya memilih terlebih dahulu alternative terbaik untuk penyelesaiana masalah tersebut, dari alternative tersebut dapat dari permusawarahan bersama ataupun dapat dari pengalaman yang terjadi pada orang lain untuk mengambil manfaatnya, dan menjauhi atau mengecilkan yang terjadi yang tidak baik. Pada saat perencanaan pun harus lah secara sistematis atau terencana dan berurut, kita perlu langkah-langkah dan prinsip-prinsip yang akurat dan ilmiah untuk mempertegas dan memperkuat keterangan yang kita dapatkan.
Saat perencanaan telah sampai pada goal nya maka perencanaan dari tujuan yang kita cita-citakan akan tercapai dengan baik.
Perencanaan itu untuk Apa?
Perencanan untuk menentukan arah dan tujuan kita, misalnya bila kita ke sekolah swasta kita mendapatkan permasalahan dan keuntungan seperti ini, apabila kita mengambil sekolah negeripun sama. Dengan pengarah tersebut kita dapat dengan pasti mengambil keputusan yang terbaik. Dengan perencanaan pula kita dapat menentukan kapan dan bagaimana kita mngerjakan tugasa tersebut, dengan menentukan tersebut pekerjaan akan dapat tercapain dengan waktunya. Selain itu kita dapat melihat bagaimana mengerjakannya dan siapa saja yang dapat mengerjakanya sambil menentukan Jobdes lalu kita dapat melihat tingkat keberhasilan dan kegagalan. Dengan pembagian tugas tersebut dapat diketahui dimana letak kesalahannya.
Faktor Eksternal
· Analysis, dengan menganalisis permasalahan kita dengan mudah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
· Indusrty and Market, melihat pasar dan industri dengan baik maka
· Competitor/Pesaing, dengan melihat pesaing di luar
· Politic and Regulatory, kebijakan pemerintah pun harus menjadi patokan yang harus diperhatikan, karena pemerintah sudah menentukan bagaimana kebijakan yang terbaik untuk negeri ini.
· Sosial, harus liat tingkat social dan religus, dnegan melihat hal tersebut dapat merasa nyaman dan aman untuk mempercayakan seseorang untuk tertarik di sekolah tersebut, contohnya sajabanyaknya sekolah yang menanamkan agama agar anak didik bias membatasi diri dari lingkungan yang kurang baik bagi dirinya.
· Macroeconomic, melihat kemampuan vinansial orang lain, karena bila membangun sekolah dilingkungan yang kurang mampu tetapi sekolah yang kita maksudkan untuk yang mampu maka sekolah tersebut sulit di jangkau orang tersebut.
· Tehcnological,dalam zaman seperti ini teknologi sangatlah penting dan berguna untuk kemajuan pendidikan, pula pengembangan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar