FRIENDSHIP

FRIENDSHIP
pantai

Minggu, 03 Januari 2010

implikasi pendidikan

Tanggal : 8 oktober 2009
Implikasi pendidikan

1. Memberikan kesempatan untuk diskusi, memberikan tugas penulisan makalah
Dimaksudkan disini peserta didik dapat mengeluarkan pendapat dan gagasan mereka dalam sebuah tulisan dan mempresentasikan didepan banyak orang untuk mendapatkan suatu informasi lebih dari orang lain. Hal ini pula menambah rasa percaya diri mereka pula menambahkan rasa ingin lebih banyak tahu akan suatu hal yang baru.
2. Mengamati kecenderungan siswa untuk berpratisifasi
Seorang pendidik melihat langsung bagaimana pembelajaran anak didiknya masing-masing, di sini pendidik dapat menilai apakah anak didiknya tergolong yang cepat atau lambat. Tanpa maksud mengklasifikasikan mereka pintar atau bodoh. Bukannya hanya itu saja apakah dalam proses pembelajaran mereka ikut berpratisipasi dalam tugas yang dikerjakan bersama-sama/kelompok. Maksud dibentuk akan adanya kelompok untuk menyatukan suatu gagasan yang bermacam-macam menjadi suatu kesatuan yang dapat disepakati bersama, selain itu pula hal ini kan menumbuhkan rasa solidaritas.
3. Jangan batasi pengetahuan mereka dan kecakapan mereka untuk memanfaatkan yang diketahui.
Biarkan mereka berkembang secara alami, tanpa mencampuri hal yang mereka maksudkan. Tetapi tetap kita berikan arah atau jalan yang akan mereka maksudkan dalam pemikiran mereka. Dan kembangakan pemikiran mereka dalam bentuk apresiasi. Hal ini membuat mereka akan bangga dan terus mencari dan menggali lebih banyak lagi.
4. Kadang kesulitan dalam menangkap Konsep-Konsep Abstrak
Penjelasan yang masih belum tergambarkan dengan baik mempersulit mereka dalam mencari apa yang mereka cari dan dimaksudkan. Kesulitan tersebut harus memberikan contoh secara langsung agar mereka dapat mengartikannya secara baik. Janganlah kesulitan yang terjadi akan mempersulit maupun menjenuhkan mereka. biarakan hal yang dianggap sulit tersebut mereka kembangkan dan mereka jelaskan sesuai gambaran mereka, dan pendidik tetap memberikan apresiasi pula penjelasan yang dapat mereka mengerti dan pahami.

5. Diskusi dapat membantu meningkatkan pemahaman.
Diskusi yang dilakukan mereka akan membantu mereka mencari dan memahami suatu topik permasalahan yang mereka hadapi, selain itu pula menigkatkan daya kratifitas dan merasang otak mereka mencari suatu gagasan ataupun penjelasan yang lebih baik.
6. Guru perlu menjelaskan konsep yang abstrak secara simpatik.
Guru memberikan penjelasan gambaran yang belum terlihat tersebut, dia kemas secara menarik dan menyenangkan. Agar mereka menangkapnya sebagai hal yang menyenangkan pula. Tentunya tidak memperlihatkan sebuah kesulitan dari gambaran yang abstark tersebut.
7. Beri peluang untuk penjelasan
Dalam penjelasan suatu meteri berilah mereka untuk memberikan masukkan ataupun penjelasan yang mereka ingin unggkapkan. Janganlah membuat mereka takut ataupun penjelasan mereka salah. Tapi biarkan mereka mengeluarkan apa yang mereka ingin sampaikan.
8. Berikan tugas menatang, problem-based.
Dengan banyak tugas yang menatang membuat otak mereka terus diasah dan dikembangkan. Hal ini juga akan membuat mereka banyak mengeluarkan ide-ide segar dan menarik.
9. Diusahkan munculnya minat jangka panjang, dengan kehidupan masa depan.
Munculkan inspirasi masa depan yang akan mereka tuju. Berilah mereka gambaran suatu motivasi apa yang akan mereka tuju di masa depan nanti. Arahkan mereka dengan tujuan mereka.
10. Materi pembelajaran mengandung nilai-nilai instrisik (bermakna bagi kehidupan)
Dimaksudkan disini adalah, contoh langsung di lingkungan sekitar contohnya saja seorang anak dalam mengendarai motor harus melihat rambu-rambu lalu lintas. Mengajarkan mereka akan kesadaran hukuman. Dan berilah penjelasan mengapa kita harus mengikuti aturan, karena akan melindungi kita maupun menjaga kita.
11. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Pembelajaran yang baik yaitu melibatkan mereka dalam suatu materi belajar yang akan dilaksanakan. Hal ini membuat mereka aktif dalam belajar dan mencari Sesutu yang baru. Guru pun dapat melihat perkembangan mereka denga pola belajara mereka selama ini.
12. peluang berekspresi dan berkarya.
Akan melihat perkembangan mereka dalam belajra, hal ini akan menunjukan proses pembelajaran selama ini berjalan dengan baik. Dengan ekspresi dan berkarya akan menunjukan suatu pembelajaran yang menarik perhatian mereka.

13. Metode Pembelajaran: Keterampilan proses, inquiri, penemuan.
Dalam proses belajar ketemapilan mereka akan terlihat dengan baik, hasil mereka belajar, menghasilkan suatu hal yang berguna bagi banyak orang disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar