FRIENDSHIP

FRIENDSHIP
pantai

Minggu, 03 Januari 2010

REKUTMEN

Rekutmen
Fungsi dari lembaga pendidikan
- Teknis atau ekonomis
untuk memperbaiki ekonomi individu , keluarga, masyarakat. Mengapa demikian pendidikan pula akan menunjukan usaha selama ini menjadi suatu yang membanggakan. Dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai nantinya.
- Sosial atau manusiawi
akan menimbulkan kontribusi pada tatanan sosial, hubungan antara manusia berkontribusi pada peradaban, contohnya saja budaya disiplin.
- Politik
mempengaruhi dari fungsi lembaga pendidikan. Politik menjadi kepentingan Negara, maksudnya adalah warga Negara hak dan kewajiban kepemimpinan, partisipasi, demokrasi, kewenangan dan lain-lainya. Budaya lama yang baik menimbulakan efesiensi, yang kurang baik maka diperlukan perbaikan.
- Pendidikan
Proses transformasi iptek dan budaya mengembangkan efek layanan masyarakat. Trasformasi itu sendiri yaitu yang kita lakukan harus adanya efesiensinya.
- Spritual
Memahami hakikat kemanusiaan dan kesempurnaan , dimana kita harus mengetahui bahwa pendidikanpun mengajarkan sebuah kesederhanaan karena itu yang disukai oleh sang pencipta.

Rekutmen itu sendiri ialah proses pencarian dan pemikiran calon peserta didik yang mampu untuk mendaftarkan sebagai calon peserta didik di suatu lembaga pendidikan tertentu. Tahapan-tahapannya dicari sampai dengan pengarahan aplikasi pendaftaran. Pelaksanaan dilakukan sendiri oleh sekolah, secara kolektif atau lembaga rekutmen.




Rekutmen peserta didik
1. penentuan tujuan lembaga pendidikan
dimaksudkan disini ialah menentukan lembaga sekolah yang akan dibuat berorientasi seperti apa contohnya saja dalam membuat sekolah apakah kita akan membuat sekolah yang pada umumnya atau bertaraf internasional. Selain itu pula lembaga ini mengarahkan peserta didik yang bersekolah tersebut membentuk diri mereka menjadi peserta didik yang religus.
2. penentuan kriteria peserta didik yang akan diterima.
Melihat apakah peserta didik yang akan diterima ini harus memiliki nilai yang baik, ataupun keahlian atau kemampuan yang lebih pada anak-anak pada umumnya. Semua itu tergantung bagaimana kita membuat sebuah peraturan ataupun kriteria yang kita inginkan.
3. membuat estimasi jumlah rombongan belajar secara keseluruhan.
Melihat apakah jumlah dalam satu rombongan belajar tersebut memenuhi syarat ataupun tidak. Semua ini melihat prosedur yang telah dibuat oleh sekolah.
4. penentuan peserta didik
penetuan peserta didik dilihat apakah muatan yang kita bikin mencukupi keseterdian yang ada. Semua ini tidak melihat banyak peminatnya. Tetapi melihat kapasitas dari kemapuan di sekolah tersebut.
5. penetuan jumlah peserta didik yang akan diterima dengan memperthatikan Kriteria: gender, prestasi, dan lain-lainnya.
Dimaksudkan disini melihat gender,bukan maksud untuk memilah-memilah. Tetapi kemapuan dari sekolah tersebut dengan ketersedian dana maupun fasilitas yang ada dapat menampung gender yang berbeda-beda. Selain itu pula prestasi dinilai dikarenakan melihat dari prosedur sekolah tersebut, akankah menilai mereka dari prestasi yang terbaik saja yang dapat masuk sekolah tersebut ataupu yang tidak.

Evaluasi Rekutmen dimaksukan untuk mengetahui efektifitas kegiatan rekutmen
Antara lainnya adalah :
- jumlah pendaftar, yaitu menentukan jumlah yang boleh mendaftar dalam sekolah tersebut.
- jumlah yang diterima, yaitu memilih jumlah dari pendaftar untuk melihat ynag terbaik dan jumlah tersebut tergantung dari kapasitas penampung dari sekolah.
- Pelaksanaan rekutmen, dalam proses pencarian tersebut adanya seleksi untuk menentukan yang terbaik dari semua peserta didik yang mendaftar. Contohnya menilai saja melihat dari tinggi badan peserta didik, ataupun kemampuan dalam sains, ataupun kemampuan yang lainnya.
- Jumlah yang diusahakan yang akan diterima, yaitu Jumlah tersebut melihat dari kemampuan mereka dalam masa pencarian, selain itupula melihat dari daya tampung sekolah.
- Pemanfaatan saluran rekutmen , antara lainnya membeikan informasi yang dilakukan melalui media cetak ataupun media elektronik.
- Biaya-biaya, semua ini menentukan kwalitas pendidik maupun sarana yang akan diberikan
Kendala Rekutmen
1. Kenaikan kelas, kelulusan, mutasi: hal ini dapat terjadi dikarenakan jumlah akan berkurang lalu memberikan banyak inovasi yang baru untuk menarik minat. Selain itu pula pengajar ynag terbaik,kapan saja dapat dimutasikan untuk sekolah yang lain. Dan sekolah harus memilih yang terbaik dari yang baik. Para mutasi ataupun yang akan melamar.
2. biaya pendidikan,: biaya yang cukup mahal membuat semua kaum yang ekonomi kurang mampu dan berminat. Sebaliknya harga yang terjangkaupun orang akan berfikir dua kali untuk menerimanya, dikarenakan takut akan kwalitas yang kurang memuaskan.
3. penerimaan siswa secara local/ luar local: yaitu penerimaan siswa baru tersebut masuk melalui pihak sekolah tersebut yang menyeleksi ataupun dari pihak dari luar. Contohnya saja UI membuka jalur khusus ataupun secara umum dari kampus tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar